Senin, 04 Januari 2016

Adobe Indesign: Tidak bisa export ke PDF, apa solusinya?

Alhamdulillah, selesai juga. Selanjutnya tinggal export to PDF...



dan........



Wah kenapa nih? kok eror? gak bisa export to PDF?

Terkadang seorang desainer berada dalam waktu yang mendesak, ya.. "deadline". Berupaya untuk menyelesaikan project desain yang harus selesai sesuai waktu perjanjian. Sampai larut malam menyelesaikan pekerjaan desain dan alhamdulillah bisa selesai. Tapi, belum berhenti di situ. Apakah Anda setuju kategori finishing itu ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama, yang kita beranggapan segera selesai ternyata banyak permasalahan. Salah satu permasalahan kecil diujung penyelesaian sebuah project desain adalah Error saat export to PDF.

Apakah Anda pernah mengalaminya? Sebelumnya semua berjalan dengan baik, di Adobe InDesign, sudah berkali-kali kita export to PDF dan tidak ada masalah, tapi kali ini Anda akan dibuat 'berkeringat' karena klien sudah menunggu draft desain Anda dikarenakan Anda belum bisa menghasilkan halaman per halaman desain dalam format PDF. 

Ada yang lebih membuat jantung berdegup kencang ketika kita sudah terbiasa mengekspor puluhan bahkan ratusan halaman dan tidak ada masalah dari yang telah kita desain, kemudian kita export to PDF, di saat proses ekspor - kita tinggal istirahat sambil menunggu progres-proses export to PDF yang sedang berjalan. Dan... apa yang Anda rasakan saat klien sudah menunggu, ternyata di layar terlihat proses export gagal. Pesan "gagal untuk mengekspor file pdf". Terima kasih Adobe. :)




Bismillah...
mencoba menyelesaikan masalah satu per satu dengan tenang, berharap project tidak dibatalkan oleh klien dan masih mau menunggu. Apa penyebabnya?
1. Harddisk penuh? ternyata sisa harddisk masih 50GB lebih
2. Apakah itu Font? coba cek apakah masih ada font yang tidak jelas, masih OTF? silahkan benahi dengan aplikasi font, salah satunya yang saya pakai diantara banyak aplikasi font adalah "Fontographer", atau masih ada Font yang saling bertabrakan? validate-lah di aplikasi font bawaan mac.
3. Apakah dokumen yang korup? ternyata tidak.... 
4. Apakah InDesign korup? perlu dilakukan Re-install, tetapi ternyata bukan ini penyebabnya. 
5. jika semua ini dilakukan tidak masalah maka lakukan export satu per satu halaman dengan small size PDF agar tidak terlalu membutuhkan waktu lama karena hanya sekedar untuk pengecekan. Lakukan satu persatu hingga Anda menemukan permasalahan di halaman yang bermasalah. Dan ternyata "bisa jadi" ada beberapa gambar yang digrup membentang di dua halaman (1 bukaan buku). Gambar-gambar yang digroup tersebut dibuat ungroup maka hasilnya masalah terselesaikan. Alhamdulillah...

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda pernah mengalami hal serupa, atau ada masalah lain terkait hal ini di indesign?

Mari berbagi...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar