Sabtu, 16 Februari 2013

Bagaimana menentukan harga desain, fleksibel

Screen shot menentukan harga desain sederhana
Sering ditanya teman, berapa harga sebuah desain. "Harga pasaran sajalah", jawab saya. "Harga pasarannya berapa?", tanyanya lagi. Wah, kalau seperti ini saya jadi bingung jawabnya, standar pasar yang mana nih?

Okelah, saya pernag baca di website sebelah dan saya coba buat rumus di excel semoga bisa membantu Anda yang membutuhkan untuk segera menjawab pertanyaan klien Anda atau calon klien.


Ada beberapa variabel yang harus dirinci diantaranya adalah upah harian karyawan terendah di daerah tempat bekerja berdasar UMR daerah / 30 hari. Nilai intelektual subyektif yang bisa dibagi menjadi tiga tingkatan yaitu newbie, average, dan profesional. Biaya operasional (listrik, komputer, internet, transport, print, presentasi (dihitung per hari). Jumlah hari kerja (1 hari kerja = 7 jam). Beban pekerjaan (spesial request, tingkat kesulitan, konsep, artistik, dll) yang bisa dibagi menjadi tingkat biasa, sedang, sulit/deadline ketat.

Selanjutnya bisa Anda sesuaikan sesuai kebutuhan di tempat Anda atau di daerah Anda melakukan bisnis ini. Mulai dari range nilai dari masing-masing variabelnya, ini hanya sekedar tools yang tidak 100% bagus, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Berbagi untuk keberkahan, ilmu yang bermanfaat.

Rumus menghitung harga desain download di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar