Minggu, 03 Januari 2016

Ingin mengetahui pengunjung, tren dan yang disukai pengunjung dengan Google Analytic

Bagaimana Anda ingin mengintip apa yang sedang disukai oleh pengunjung terkait produk atau tulisan yang Anda publikasikan di blog atau website Anda. Tak perlu bingung untuk membuat data pengunjung dan apa yang sering mereka kunjungi dari semua publikasi di Blog atau di website Anda. 

Kita bisa memanfaatkan produk "gratisan" buatan google, yaitu Google Analytic. Dengannya, kita akan mendapatkan laporan detail tentang pengunjung blog atau website kita. Selain itu, kita bisa mengetahui jumlah pengunjung perhari, perminggu atau perbulan. Hanya itukah?

Tentu tidak, seperti yang kami sampaikan di atas, bahwa Anda juga akan mengetahui melalui Google Analytic ini yaitu tulisan, produk atau halaman apa yang paling sering dikunjungi beserta berikut jumlah pengunjung tulisan atau artikel dan halaman tersebut. Dengan menggunakan Google Analytic ini juga Anda bisa mengetahui jenis browser dan negara asal pengunjung blog. Termasuk mengetahui keyword apa saja yang menjadi sumber traffic. Hal ini juga merupakan salah satu blogging tips, dalam cara mengetahui traffic pengunjung blog.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

1. Kunjungi Google Analytic
2. Setelah di halaman Google Analytic, kemudian klik "Sign in" atau Masuk, posisi di pojok kanan atas
3. Masukkan email dan password
4. Kemudian klik "pendaftaran" untuk membuat akun analytics baru

5. Klik "Situs Web" Selanjutnya lengkapi formulir pendaftaran sampai semua terisi pada akhir pertanyaan. Dan pastikan pilih yang UNIVERSAL ANALYTICS karena fiturnya lengkap
6. Kemuadian klik "Dapatkan ID Pelacakan"
7. Selanjutnya klik setuju pada PRIVACY POLICE / perjanjian persyaratan layanan

Setelah anda klik SETUJU, anda akan dibawa kehalaman akun anda, dan akan ada kode analytics yang anda harus pasang pada blog anda. Silahkan copy kode tersebut, seperti di gambar di bawah ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar