Sabtu, 16 Februari 2013

Semangatnya di usia lanjut, terus bekerja

Pak Tua yang tetap semangat bekerja
Di ujung telpon terdengar suara yang khas, suaranya yang sangat bersahabat, menghormati siapa saja walau itu anak muda sekalipun.

"assalamu 'alaikum..."
"Sehat Mas?" tanyanya

saya menjawab salamnya dan menjawab dengan hormat pertanyannya, subhanallah dia banyak memberikan ilmu, semangat mengajarkan yang dulu selalu saya tanyakan.

"Mas, kabar-kabari jika ada yang bisa saya bantu, jangan befikir yang macem-macem ya, jangan berfikiran saya tidak inget umur sehingga masih pengen terus minta kerjaan, saya ada banyak waktu kecuali sore harus memberikan pelajaran ke anak-anak di mushola, nagajarin ngaji anak-anak" yang telah terucap dari beliau

Subhanallah, saya menjawabnya, tidak Pak saya tidak berfikiran seperti itu, justru saya semangat melihat Bapak yang sudah lanjut usia dan pensiunan tetapi masih semangat untuk bekerja keras. Saya berterima kasih masih dipercaya Bapak yang penuh dengan ilmu dan tetap mengajarkan kami untuk terus semangat. Baik Pak saya ada sedikit pekerjaan yang membutuhkan quality control yang baik, saya sangat nyaman jika ini bisa Bapak pegang.

"Iya Mas, insyaAllah, terima kasih, terima kasih sudah bantu saya, terima kasih masih memercayakan ke saya" jawab beliau dengan semangat

dengan berkaca-kaca, saya potong ucapan-ucapan terima kasihnya, "Bapak justru saya yang terima kasih ke Bapak dengan segala hal kebaikan Bapak dulu membagi ilmu, tetap bersama dengan yang muda seiring sejalan"

Inilah sepenggal percakapan yang dapat menyemangati. Beliau ahli di bidangnya, beliau ingin tetap bergerak dan terus menerapkan ilmunya, jangan sampai diam. Beliau tidak pernah ada kata diam, semangatnya membagi ilmu sudah tidak diragukan lagi asalkan kita selalu bersabar menimba dari beliau.

Bagaimana dengan kita untuk semangat bekerja? Hanya cukup dengan begini saja? Lebih suka di zona nyaman? Apakah ilmu ini sudah bermanfaat? Bermanfaat dengan membagikan kepada sesama, dan mereka bangkit dengan ilmu baru yang mereka dapatkan. Yang kita kerjakan berimbang? dunia untuk akhirat? bekerja dengan ibadah, subhanallah...

Doa, berusahalah sesuai syariat, insyaAllah yang di langit merahmati dan melancarkan serta memberkahi usaha kita, amiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar